Nasgor Kambing Pak Kumis


Wisata Kuliner di Jakarta tidak pernah ada habisnya, banyak tempat makan yang belum kami coba, kali ini kami mencari untuk makan malam di daerah dekat Harmoni, yaitu Nasi Goreng Kambing Barokah Pak Kumis. Kalau sering melewati Jalan Cideng yang mengarah ke Haromoni, maka di pertempatan Jalan Kesehatan terdapat penjual nasi goreng kambing yang sudah sangat terkenal dan selalu ramai di sepanjang malam.


Lokasinya mudah sekali terjangkau, berjualan di perempatan antara Jalan Kesehatan dan Jalan Suryo Pranoto (depan toko Guna Ban). Pemilik nasi goreng ini adalah almarhum bapak Pak H. Asngari  yang berasal dari Tegal, pertama kali berjualan nasi goreng kambing barokah, sekitar tahun 1958. Pak H. Asngari terkenal dengan panggilan pak Kumis, jadi namanya lebih terkenal dengan Nasi Goreng Kambing Barokah Pak Kumis yang sekarang diteruskan oleh anak-anaknya.
Dulu nasi goreng ini lebih dikenal dengan nasi goreng pak kumis pada sekitar tahun 1950-1970. Selain nasi goreng kambing, ada beberapa menu andalan lain dengan olahan daging kambing, yaitu sop dan tongseng. Seiring berjalannya waktu tempat ini juga menjual aneka makanan seperti pecel lele dan tapi malam itu kami pesan nasi goreng kambing dan sate kambing saja karena ini yang spesial disini. Cara masak nasi gorengnya sekaligus banyak, mengunakan wajan ukuran besar, jadi kalau pas dapat kebagian baru masak dan panas pasti tambah nikmat.
Nasi goreng kambingnya enak lho, daging kambingnya juga empuk apalagi bumbu yang digunakan menambah lezat, disajikan dengan taburan emping di atasnya, sebenarnya Anda bisa minta tambah pelengkap seperti telor dadar, martabak dan lain-lain. Lalu kami cicipi sate kambingnya, kali ini kami pilih menggunakan sambal kecap, karena kalau Anda suka dengan bumbu kacang, disini juga tersedia lho, tinggal bilang saja sama pramusajinya. Sate kambing dagingnya juga terasa empuk dan yang jelas bau kambingnya tidak terasa, ditambah dengan irisan bawang merah dan tomat menjadikan sate ini lebih nikmat.
Karena tempat ini berjualan sampai larut malam, Anda tidak perlu kawatir kalau malam-malam kelaparan nyari tempat makan. (Yudi)

Favourite