Nasi Bogana Jadi Primadona


Koko Bogana, dengar namanya jadi ingat dengan Nasi Bogana. Yup, karena menu Nasi Bogana lah yang dijadikan menu andalan di rumah makan yang berada di Jalan Cipaku, Kebayoran Baru ini. Tempatnya memang agak ngumpet, tapi tidak susah kok mencarinya. Kalau dari Jalan Wolter Monginsidi terus saja sampai ada toko buah Total di pertigaan, belok kiri akan ketemu Jalan Cikajang, nah dari situ tinggal cari Jalan Cipaku 1. Rumah yang cukup rimbun dan ada plang kayu kecil bertuliskan “Koko Bogana”, nah itu dia si Koko Bogana. Sewaktu saya datang memang sudah agak sore, tapi masih tampak beberapa mobil parkir di depan rumah makan ini.


Begitu masuk ke dalamnya serasa melihat rumah tempo dulu, interiornya berkesan kuno dan ada beberapa foto-foto jadul di pasang di temboknya. Belum lagi melihat menu makanannya yang bertemakan masakan tradisional Indonesia. O iya masih ada lagi aneka jajanan pasarnya yang di tata rapi di meja display kaca. Wuih jadi ingin makan semua jajanan yang ada di lemarinya he-he... Semuanya terlihat enak-enak, ada ongol-ongol, pastel, putu mayang, ketan serundeng, pisang goreng, bolu kukus, kue lapis, serabi, klepon dan masih banyak lagi. Yang jelas semuanya tampak enak dan menggoda mata saya untuk mencoba semuanya.
Sedangkan menu makanan yang ada disini seperti Nasi Bogana, Nasi rembang, nasi pagongan, nasi langgi, nasi toek-toek dan ada juga soto gombyang dan gulai.  Semua menu dan jajanan yang ada disini adalah makanan tradisional khas Indonesia. I love it.
Kami akhirnya memutuskan untuk pesan nasi bogana, soto gombyang, gulai iga melayu dan juga es cingcau. Sembari menunggu nasi bogananya, saya mencoba ketan serundengnya. Ketan yang ditaburi dengan serundeng manis pedas. Rasanya?? Yummy, enak banget.
Tidak lama kemudian datang juga nasi bogana yang dibungkus dengan daun pisang, isinya nasi putih, telur, ayam suwiran, tumis kacang panjang dan oreg tempe. Rasanya mantap lho, enak pulen berasnya dan lauknya terasa lezat semua. Tidak heran kalau banyak orang yang pesan nasi bogana di Koko Bogana ini.
Nah ini yang unik, karena soto gombyang dan gulai iga melayunya masing-masing disajikan dengan rantang 2 susun. Satu rantang berisi soto gombyang dan sisi satunya lagi berisi emping dan telur asin. Soto gombyang ini mirip dengan rawon, kuahnya berwarna cokelat pekat dan ada taugenya juga. Perbedaannya terletak di rasa kuahnya, rawon sedikit asin sedangkan gombyang terasa agak manis. Daging yang digunakan pun sama, daging sapi yang dipotong dadu. Rasa soto gombyangnya juga enak lho, dagingnya empuk dan lezat. Kalau Anda suka bisa ditambahkan dengan telur asin dan emping yang sudah disediakan.
Sekarang kita coba rantang yang satu lagi, yang berisi Gulai Iga. Wahh kelihatannya enak. Saya cicipi kuahnya ... terasa lezat sekali. Anda juga harus coba yang satu ini, bumbu rempahnya sangat terasa di kuah gulainya. Iganya pun terasa enak untuk dinikmati.
Hmm... pantas saja teman-teman saya suka datang kesini, ternyata makanannya enak-enak semua. Yang belum pernah datang ke Koko Bogana, cobain deh datang kesini, makanannya enak semua euy dan jajanan pasarnya juga banyak sekali. Buat saya, ini seru sekali makan disini. Selamat mencoba teman-teman. (Ita)

Favourite