Soto Pak Min Khas Solo


Ingin sekali rasanya makan soto yang rasa kuahnya sedap dan segar, tapi dimana ya? Setelah saya tanya sana-sini, akhirnya saya dapat referensi juga dari Mba Anggi. Dia menyuruh saya mencoba soto yang ada di dekat Pasar Santa, Jakarta Selatan, namanya adalah Soto Pak Min. Menurutnya, soto ini “endess banget” yang artinya “enak banget”.


Lokasi tepatnya berada di Jalan Cipaku I, seberang toko bakmi 88 dan memang dekat sekali dengan Pasar Santa. Sewaktu kami datang kesana sekitar jam 2 siang dan sudah hampir habis. Untung saja masih ada soto tersisa untuk kami berdua. Mereka hanya berjualan dari jam 6 pagi sampai jam 3 sore saja. Menurut Bu Nining, pemiliknya, tempat ini ramai sekali kalau pagi dan jam makan siang. Banyak orang mampir untuk sarapan pagi dulu sebelum berangkat ke kantor. Meskipun warung soto milik Bu Nining ini sederhana, tapi sudah punya pelanggan tersendiri. Tempatnya cukup bersih lho dan biasanya ada pengamen tetap yang menyanyi keroncongan disini. Makan soto sambil dengerin musik keroncong, he-he... seru juga.
O iya, tapi kenapa namanya Soto Pak Min ya? Karena saya penasaran, saya memberanikan diri bertanya kepada Bu Nining.
Dengan semangat Bu Nining menjelaskan bahwa  Pak Min adalah ayahnya, dan bernama lengkap Bapak Tukimin Suwondo. Ayahnya lah yang merintis usaha  ini sejak tahun 1985, tapi sekarang usaha Soto Khas Solo ini diteruskan oleh Ibu Nining.
Seperti apa ya rasanya soto khas Solo? Langsung saja kita coba!
Semangkok soto ayam berkuah kuning bening sekarang sudah berada di depan saya, dan aromaya .... mmmhh.... sedap sekali. Dari penampilannya saja sudah membuat saya tergiur. Sotonya berisi soun, suwiran daging ayam, tauge, seledri dan tomat. Saya beri sedikit air jeruk nipis supaya rasanya lebih segar, kemudian saya beri sambal. Langsung saja saya santap.
Slurrpppp........ !! Enak banget, segar, sedap... Mantap rasanya. Saya jadi setuju dengan mba Anggi, “endes banget”. Rasa kuah kaldu ayamnya sangat sedap, serius ini enak lho. Anda harus mencoba soto Pak Min ini.
Senang sekali rasanya bisa menemukan Soto Pak Min, karena rasanya benar-benar sama seperti yang saya bayangkan tadi sebelumnya, sedap dan segar. Sukses terus ya Bu Nining. (Ita)


Favourite